Search
14 December 2017
  • :
  • :

Perlunya Melakukan Terobosan dalam Bisnis

Perlunya Melakukan Terobosan dalam Bisnis

Dalam bisnis perlu terobosan agar usaha cepat maju dan berkembang. Usaha-usaha yang memerlukan kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk merespon para konsumen diantaranya usaha di bidang kuliner. Menu makanan baru misalnya sate kentang, jamur krispi goreng dari segi porsi atau komposisi bisa dibuat ekstrem di banding yang standar. Misalnya burger dengan porsi besar dan bertumpuk tinggi atau extra pedas. Selain inovasi makanan, penyediaan tempat juga mendukung seperti suasana tempat makan dibuat dengan tema kultur atau suasana sepeti diatas kapal dan juga penyajian misalnya dimasak didepan meja pelanggan. Dari segi promosi misalnya seperti di lakukan D’Cost dengan harga yang unik seperti diskon menurut usia, orang yang melayani memakai seragam atau kostum yang unik, layananyang serba lengkap.

melakukan terobosan dalam bisnis

Untung besar dengan waktu cepat bisa diperoleh lewat terobosan merombak model bisnis yang lama dengan model baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Dibutuhkan kreatifitas dan kejelian membaca pasar, diantaranya melakukan diferensiasi (pembeda) yang benar-benar merupakan suatu terobosan. Bisa pula menawarkan barang dengan kualitas yang sama dengan yang sudah ada, namun memiliki daya tarik harga yang jauh lebih murah dan jika berhasil mengundang banyak pengunjung yang bisa jadi pelanggan.

Pemasaran supaya cepat untung dengan cara membuat bisnis kita dibicarakan banyak orang (word of mouth marketing/WOMM). WOMM dimungkinkan kalau ada terobosan baru yang kita tawarkan seperti diatas. Banyak sekali usaha-usaha yang sekarang merambah berbagai kota tetapi kita harus jeli dalam menentukan usaha.

Usaha di tahun 2013 harus kreatif untuk bisa memenangkan persaingan. Ide kreatif membuat usaha kita dilirik pembeli karena menawarkan sesuatu yang lain dari yang lain atau melebihi suatu standar. Istilah harus ada unsur “wow” Usaha kreatif agar bisa mendatangkan untung 40% dalam satu bulan diantaranya kuliner (makanan dan minuman) dengan menciptakan menu baru seperti disebutkan diatas. Begitu pula fashion seperti pakaian yang bisa diubah dengan berbagai mode dan aksesori. Bimbingan membaca untuk anak pra sekolah, sejenis play group yang membuat anak cepat membaca atau cepat berkembang. Perawatan kecantikan seperti membuat awet muda dan tambah cantik, kebugaran dan pembentukan postur tubuh yang ideal dan kesehatan.

Adapun strategi untuk menekan biaya operasional untuk memperbesar keuntungan bersih yakni dari omset yang meningkat. misalnya dengan meningkatkan jumlah pelanggan dan meluaskan cabang. Selain itu menekan biaya operasional seperti menghemat pemakaian listrik yang tidak dibutuhkan, mematikan lampu jika pencahayaan siang sudah cukup, mengatur sistem pendinginan udara yang efesien. Pelaku usaha juga bisa mengajak karyawan untuk terlibat dalam mengusulkan ide, karena karyawan yang melayani pelanggan memiliki banyak informasi tentang keinginan konsumen. Misalnya memakai teknologi informasi berbasis jaringan internet yang bisa menghemat biaya-biaya.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *